Cara Jualan Jasa Website Meski Belum Jago Koding (Studi Kasus)

Rating Kelas Online
Kelas Website Kelas Jualan Website Kelas Web Developer
Manfaat yang akan kamu peroleh:
Semua pebisnis pastinya ingin mengakuisisi pelanggan baru sebanyak mungkin. Strateginya bisa lewat promosi offline, atau digital marketing via google ads, fb ads, atau bahkan lewat website.

Melihat trend market yang sudah sepenuhnya aktif di dunia maya, pemilik bisnis wajib memiliki website untuk mempromosikan jasa / produknya ke target market.

Melihat adanya kebutuhan brand / perusahaan terhadap website, kamu yang bekerja sebagai freelancer bisa mengambil peluang ini.

Nggak apa-apa belum jago koding. Konten ini bisa bantu kamu buat dapetin cuan lewat jualan jasa website sekalipun nggak sejago para senior front-end developer. Penasaran? Yuk disimak panduannya.

Tips Jualan Jasa Membuat Website Sekalipun Kamu Belum Mahir Koding

Walaupun kamu masih memiliki keterbatasan dalam skill koding, dengan menerapkan strategi dibawah ini, kamu bisa mulai menawarkan jasa web development kepada para klien. Bagaimana caranya? Silahkan simak panduannya dibawah ini;

1. Gunakan Website Template Premium Siap Pakai

Jalan pintas yang bisa kamu ambil adalah menggunakan template premium siap pakai. Dengan strategi ini, kamu bisa menjual jasa pembuatan website sekalipun nggak jago koding.

Ada beragam bentuk template website, mulai dari landing page bisnis, toko online,web berita, website sekolah, hingga blog pribadi.

2. Beli Lisensi Template Paket Developer

Masih ada kaitannya dengan poin no 1, untuk memiliki template website premium siap pakai, kamu perlu membeli lisensi template.

Skema pembelian lisensi template website paling umum adalah membeli lisensi developer.

Harganya memang lebih mahal ketimbang beli lisensi personal untuk pemakaian pribadi. Tapi keuntungannya, kamu mendapatkan izin lisensi pemakaian template untuk kebutuhan menjual jasa website untuk klien.

Untuk skema lisensi developer, pemilik produk template aslinya, akan memberikan lisensi dengan batasan kuota tertentu. Misalnya, 1x pembelian lisensi developer, kamu akan mendapatkan 25 lisensi yang bisa dipakai untuk jasa website untuk klien.

Tapi ada juga lisensi developer yang jumlahnya tak terbatas. Itu berarti, sekali beli lisensi developer, kamu bisa memakai template tersebut tanpa batasan berapa kali pun digunakan untuk jasa website,

3. Beli Lisensi Template dengan Skema Sistem Beli Putus Satuan

Skema lisensi sebelumnya lebih cocok untuk kamu yang punya modal lebih untuk membeli lisensi paket developer. Rentang harganya untuk lisensi developer berkisar dari 600k - 4 juta (Data harga lisensi template paket developer di cms blogger.com).

Melihat harga yang mungkin cukup mahal bagi sebagian freelancer, apalagi yang baru memulai jasa pembuatan website. Kita yang nggak ada privilage dari segi modal untuk beli lisensi template paket developer, masih ada alternatif lain yang bisa diambil. Guess what?

Yup, kamu bisa beli lisensi template web dengan skema sistem beli putus satuan. Jadi, kamu bisa beli template-nya satuan, pembelian dilakukan hanya ketika kamu mendapatkan 1 klien. So, it's like win-win-solution untuk kedua belah pihak.

Developer template dapet bayaran dari pembelian template, kamu bisa dapet pemasukan dari jualan jasa instalasi template, konten artikel web dan fiturnya.

4. Pelajari dan Kuasai Skill Front-End Web Development Tingkat Dasar

Oke, poin ini mungkin terlihat agak beda dari pembahasan judul konten ini yang fokus biar freelancer yang belum jago koding tapi bisa garap jasa website, tapi percaya deh, nggak ada salahnya buat upgrade diri.

Kalau kamu bisa koding, kamu bakalan banyak terbantu saat proses instalasi template website-nya, bisa mengedit dan menyesuaikan tata letak menu, fitur website, dan proses lainnya dalam pembuatan website klien. Dari banyaknya manfaat yang bisa kamu rasakan ini, kamu mau kan belajar koding?

Tapi aku nggak paham koding sama sekali. Bener-bener 0 besar! Emangnya bisa paham dan ngerti ya?
Jawabanya bisa kok. Latar belakang pendidikan saya sendiri aja bukan dari anak IT, saya kuliah di fakultas keguruan. Jauh banget, kan?

Tapi saya dan kamu punya potensi serta peluang yang sama kok buat pelajarin pemgrograman web tingkat dasar. Seenggaknya, coba deh kamu pelajari HTML, CSS, dan Javascript.

Ketiganya adalah komponen penting dan paling dasar yang membangun sebuah website. Nggak perlu harus mahir, setidaknya, kamu paham cara bacanya, fungsinya, dan cara mengedit kode tersebut saat mengerjakan project pembuatan website milik klien.

5. Kuasai Cara Instalasi Domain / Hosting untuk Website Klien

Poin kelima, ini sangat bergantung pada jenis cms website yang dipilih klien ya. Kalau klien kamu ingin dibuatkan website di platform blogger.com, kamu cukup menguasai cara instalasi domain ke website berbasis cms blogspot.

Sebaliknya, kalau klien ingin dibuatkan website di platform wordpress, itu berarti, kamu harus menguasai instalasi domain dan hosting untuk website-nya di wordpress.org.

Meski poin ini terdengar sangat teknikal, tapi nyatanya, kamu sebagai freelancer yang menjual jasa website harus paham dan menguasai keahlian teknikal ini.

6. Buat Ratecard Minimal yang Mencakup Pengeluaran Bahan Baku & Jasa Freelance Milikmu

Saat menjual jasa, pastikan kamu sudah memiliki ratecard / daftar harga jasa. Perhitungan mudahnya, kamu bisa menentukan harga berdasarkan 4 komponen berikut;

1. Harga domain
2. Harga Hosting
3. Harga Template
4. Harga Jasa Freelance Kamu

Note: hosting bisa dimasukan ke harga jasa hanya jika website yang kamu buat menggunakan platform cms wordpress.org & cms lain yang memerlukan hosting. Tapi kalau kamu melayani jasa website untuk platform cms blogger.com, kamu cukup memasukkan indikator harga domain, template, dan jasa freelance saja

Studi Kasus Pengalaman Pribadi Penulis saat Menjual Jasa Website CMS Blogger.com

Di halaman kedua konten ini, saya akan berbagi studi kasus berdasarkan pengalaman saya pribadi tentang jualan jasa website sekalipun kemampuan koding saya masih tingkat dasar.

1. Langsung Mulai Praktek Install Fitur / Widget / Plugin di Website

Dulu, saya langsung mempraktekkan panduan menginstall fitur web yang tersebat di internet, pusing banget awalnya, sumpah deh.

Pertama, nggak ada mentor. Kedua, pengetahuan koding / pemgrograman web masih 0. Kombinasi keduanya adalah source code yang saya terapkan di template web cms blogger selalu berakhir dengan satu kata ini: Error!

Kadang, saking bingungnya, suka overthinking kaya gini;"Apa harus belajar dasar-dasar html dan css dulu ya baru praktek terapin kodenya di template web?"

Well, setelah selang berjalannya waktu, saya nggak menyesal sama sekali telah melewati proses itu.

Bahkan, ketika saya sudah belajar dasar-dasar html dan css, saya banyak terbantu oleh pengalaman saya melakukan banyak praktek sehingga tahu dimana kode html dan css diletakkan pada template web berbasis blogger.com.

Kalau kamu mau menelusuri jalan seperti saya, dalam hal ini; menjual jasa website cms blogger.com, akan lebih baik kamu pelajari kode sintaks html terlebih dahulu, kemudian praktek. Begitu pula dengan css, ketahui mana bagian selektor, deklarasi, dan value-nya, setelah itu praktek.

Kalau kamu langsung praktek tanpa pengetahuan sama sekali seperti apa yang saya lakukan di masa lalu, kamu akan kehilangan waktu dengan sia-sia.

2. Memahami Skema Instalasi dan Aktivasi Template Website Berbasis CMS Blogspot

Karena kedepannya saya ingin menjual jasa pembuatan website dengan template premium blogger, maka saya harus paham proses instalasi tema premium blogger.

Para perancang tema premium cms blogger ada yang memberlakukan kode aktivasi demi keamanan produk digitalnya agar terbebas dari pencurian / penjualan ulang illegal.

Namun ada juga web developer yang tidak menerapkan kode aktivasi.

3. Menguasai Aspek Teknikal Website: Domain & Setting Website

Saya fokus untuk menjual jasa pembuatan website di cms blogger.com, maka dari itu, saya harus menguasai aspek teknikal website platform ini. Mulai dari instalasi domain dan pengaturan dasar lainnya.

4. Mulai memberanikan diri menjual jasa website

Ada 3 jenis bentuk jasa yang bisa kamu tawarkan dalam area project web development, yaitu jasa instalasi template, pmebuatan website dari 0 hingga jadi, dan fitur web

Saya memberanikan diri menjual jasa ini di tahun 2020, hasilnya? Hanya dapet 1 klien! Project yang saya dapatkan adalah membantu klien menginstall template premium blogger yang ia beli. Fee yang saya dapat waktu itu, 225k.

Nominalnya masih kecil karena memang skill dan awasan saya belum banyak di bidang ini. Tapi, langkah pertama ini mengantarkan saya bertemu klien lainnya.

Mulanya dari jasa instalasi template saja, kemudian merambah ke pembuatan website secara keseluruhan, mulai dari template, domain, beserta konten web-nya.

Harga jasanya pun mengalami scale-up seiring bertambahnya pengalaman & skill saya, dari 225k, naik ke 1700k untuk pembuatan 1 website berbasis cms blogspot.

Tentunya harga jasa tersebut saya sesuaikan dengan jenis klien dan spesifikasi yang diajukan oleh klien.

Terakhir, saya juga membuka jasa pembuatan fitur website untuk cms blogspot, mulai dari 250k / 1 fitur.

5. Mengajukan Kerjasama Pembelian Lisensi Template Premium Blogger Skema Satuan

Di halaman sebelumnya, saya udah sharing, kalau ada 2 jenis lisensi untuk jualan website; 1. Lisensi developer. 2. Lisensi pembelian satuan.

Untuk freelancer seperti saya yang baru merambah ke jasa web development, dengan bujet terbatas, pilihan rasionalnya adalah beli lisensi satuan.

Tentunya kalau kamu mengunjungi semua website developer tema blogspot, dijamin deh, kamu nggak bakalan bisa nemuin jenis pembelian lisensi seperti ini.

Lisensi yang tersedia hanya lisensi developer. Saya mendapatkan lisensi itu dengan cara menghubungi web developernya langsung satu persatu.

Tentunya, sebelum saya mengajukan kerjasama pembelian lisensi template satuan, saya terlebih dahulu sudah menjadi customer mereka.

Selain sering membeli template, saya juga sering memesan jasa redesain website pribadi kepada mitra web developer tersebut.

Dan terkadang saya juga bersedia mempromosikan jasa jualan template mereka dalam konten ig microblog saya karena memang produk digital mereka kualitasnya bagus.

6. Kesimpulan Hasil Studi Kasus & Rencana Masa Depan

Sebagai penutup konten di halaman 2 ini, saya ingin berbagi hasil refleksi pribadi tentang eksperimen; "Mungkinkah freelancer yang belum jago koding, bisa menghasilkan uang dari jasa pembuatan website?"

Hasilnya: yup, saya berhasil membuktikannya, sekalipun belum jago koding, saya bisa mendapatkan klien & penghasilan dari project website.

Tentunya saya akan terus belajar dan mencoba menguasai html, css, dan javascript. Saya percaya, investasi terbaik untuk personal growth adalah ilmu & mempraktekkannya langsung.

Dan selain project website cms blogspot, saya juga pernah mendapatkan project website berbasis cms wordpress meski belum sebanyak project web blogspot.

Kedepannya, saya berencana untuk membeli lisensi paket developer juga ketika sudah ada modal & data template mana yang paling banyak dipesan oleh klien saya.

Jadi, web developer yang memiliki hak cipta template juga untung, saya juga untung. It's like win-win solution, right?

Last but not least, untuk halaman 2 ini, saya sudahi pembahasannya cukup sampai sini ya, kamu bisa lanjut ke halaman 3 untuk mengetahui tempat beli lisensi template premium blogger.

Ada web developer yang menyediakan paket lisensi developer, ada yang menjual lisensi satuan, dan ada juga yang tidak menjual lisensi template buatannya untuk jasa website dan fokus menjual produknya untuk customer mereka.

Tempat Beli Lisensi Template Premium CMS Blogger.com untuk Jualan Jasa Website Pertamamu

Di halaman ini, saya ingin sharing sama kamu tentang beberapa tempat / website untuk membeli lisensi template premium blogger.

Semua list website yang ada di list ini akan kami sertakan web developer mana saja yang menyediakan paket lisensi developer, satuan, & personal.

Penjelassan Lisensi Template Premium Blogger

Lisensi Developer; Web developer akan memberikan hak lisensi sebanyak 20 - 25 untuk reseller / mitra yang ingin menggunakan produk template-nya untuk dijual dalam bentuk jasa website. Ada juga paket lisensi developer yang lisensinya tanpa batas dengan sekali pembelian saja.

Lisensi satuan: Kamu bisa beli template satuan ketika mendapatkan klien. Tentunya, paket ini tidak tersedia secara official, kamu harus mengajukan kerjasama langsung dengan web developernya langsung ya.

Lisensi personal: Sebenarnya ini bukan paket lisensi untuk jualan website, skema kerjanya, kamu bisa meminta klien mengunjungi website official template premium untuk memilih dan membeli template ke ownernya langsung.

Mirip dengan lisensi satuan, bedanya, klien yang membeli langsung & kamu hanya tinggal membantu proses instalasinya saja.

1. Blantertheme.com

Di urutan pertama, ada Blantertheme.com. Pemiliknya adalah ka Rio. Selain menjual produk template premium blogger, ia juga menjual jasa redesain website lho.

Saya sendiri, sudah membeli semua template buatan ka Rio, mulai dari Masign Asuka, Blanter Tokoshop, hingga produk terbarunya; Blanter Landing Pro. Untuk blantertheme sendiri, berikut lisensi yang bisa kamu beli;

Lisensi template:
A. Paket Lisensi Developer / Reseller: Tersedia, 20-25 lisensi / template. Harga: Mulai 550k
B. Paket Lisensi Satuan: Tersedia. Silahkan ajukan kerjasama sebagai mitra Blantertheme.
C. Paket Personal: Tersedia. Silahkan minta klien kamu membeli template langsung ke Ka Rio (Owner Blantertheme).

2. Theme.jagodesain.com

Di posisi kedua, ada web developer Jago Desain. Ownernya adalah ka Maki. Di Jago Desain, kamu bisa membeli template produk template website premium cms blogger.com.

Untuk jasa redesain sendiri, tidak tersedia di Jago Desain, tapi ka Maki sendiri sudah menyediakan fitur web buatannya sendiri di https://unplug.jagodesain.com. Ada 3 fitur di web tersebut, bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ya.

Lisensi template:
A. Lisensi Developer: Tidak tersedia.
B. Lisensi Satuan: Tersedia, silahkan ajukan kerjasama dengan ka Maki.
C. Lisensi Personal: Minta klien kamu untuk membeli langsung di theme.jagodesain.com, setelah itu baru deh install template yang sudah dibeli klien.
Template Jagodesain
Median UI iMagz Fletro

3. Goomsite.net

Di posisi ketiga, ada Goomsite.net. Pemiliknya adalah ka Basri Matindas. Sama seperti blantertheme, di Goomsite, kamu juga bisa pesan produk template dan jasa redesain website juga lho.

Saya sudah beberapa kali membeli template di Goomsite dan membahas terkait lisensi template-nya.

Lisensi template:
A. Lisensi Developer: Tersedia. Harga: 700k (Lisensi Tidak Terbatas).
B. Lisensi Satuan: Tersedia, silahkan ajukan kerjasama dengan ka Basri
C. Lisensi Personal: Minta klien kamu untuk membeli langsung di goomsite.net, setelah itu baru deh install template yang sudah dibeli klien.
Template Goomsite
GSNews Aulian Charon NGame

4. 9 List Rekomendasi Website Penjual Template Lainnya

Selain ketiga web developer diatas, masih ada 9 web developer lainnya. Saya kemas dalam bentuk list karena saya belum berdiskusi lebih lanjut terkait jenis lisensinya secara langsung. Jadi, silahkan hubungi web developernya langsung ya jika tertarik untuk menjadi mitra mereka.

List 9 Tempat Website Penjual Template Blogger.com:
1. Sugeng.id
2. Temabanua.com
3. Idntheme.com.
4. Mahatemplates.net
5. Id.xmlthemes.com
6. Igniel.com
7. Themes.elcreativeacademy.com
8. Theme62.com
9. Themelix.com

Untuk konten kelas di halaman 3 cukup sampai disini ya pembahasannya. Di halaman selanjutnya, kamu akan mengetahui list website yang bisa kamu gunakan untuk upgrade skill front-end web programming biar keahlian koding kamu makin meningkat.

Cara Mendapatkan Klien Pertamamu & Passive Income Sebagai Freelance Web Developer Pemula

Ini adalah materi terakhir, kalau sebelumnya kamu sudah membangun pondasi pengetahuan tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjual jasa website.

Akan lebih lengkap lagi rasanya kalau kami menyediakan panduan agar kamu bisa me-monetisasi skill tersebut menjadi penghasilan. Dare to try? Ini ulasannya, simak ya.

5 Langkah Mudah yang Bisa Kamu Praktekkan untuk Mendapatkan Project Freelance Website dari Klien Pertamamu

Sudah update status di whatsapp, instagram, facebook, dan promosi offline tapi nggak dapet-dapet klien? Hmm, mungkin strategi promosimu belum tepat sasaran. Yuk jemput project pertamamu dengan mengikuti panduan berikut ini;

1. Tentukan Target Market Spesifik Sesuai Jasa Freelance yang Kamu Jual

Realistisnya, kamu nggak bisa menjual jasamu ke semua orang. Kenapa demikian? Soalnya setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda, begitupun kebutuhan akan layanan jasa.

Misalnya saja, kamu ingin bekerja sebagai freelance web developer, maka market potensialnya adalah pemilik bisnis, sekolah, kampus, instansi, atau yayasan yang belum memiliki website untuk promosi digital mereka

Dengan mengetahui target market spesifik, kamu jadi lebih mudah untuk menjual jasamu kepada orang yang tepat.

2. Tawarkan Jasa Freelance Website Milikmu ke Circle Koneksi Terdekatmu

Meski bujet project-nya terbilang tidak fantastis, namun circle koneksi terdekat bisa dijadikan klien awal untuk membangun portofoliomu.

Klien pertamamu bisa teman dekatmu, keluarga, dosen, guru, atau kenalanmu lainnya. Kumpulkan semua testimoni hasil kerja dari mereka dan masukkan ke portofoliomu.

Portofolio ini bisa dijadikan pitch untuk menarik klien baru agar percaya kalau kamu adalah orang yang tepat untuk mengerjakan project website milik klien.

3. Jual Jasa dan Bangun Portofolio Pekerjaanmu di Marketplace Freelance

Keuntungan menjual jasa di marketplace adalah kamu tidak harus melakukan promosi mandiri.

Platform marketplace akan membawa trafik, dalam hal ini klien, untuk mengunjungi website mereka, kemudian, klien akan mencari freelancer yang sesuai dengan project yang ingin mereka selesaikan.

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan klien pertama dari marketplace freelance ini. Kamu bisa menjual jasamu di Fastwork, Sribulancer, atau Projects.

4. Bangun Personal Branding di Berbagai Platform Digital

Kalau orang-orang tidak tahu kamu siapa, apa keahlianmu, maka, mereka tidak akan memesan jasa freelance milikmu.

Untuk itu, kamu perlu membangun branding diri kamu lewat berbagai platform digital mulai dari jadi konten kreator di instagram, menulis di blog, atau ads.

Semakin sering kamu membagikan karyamu, orang-orang akan mulai mengenalmu. Dari jejak digital konten inilah klien pertamamu akan menemukanmu dan tertarik untuk memesan jasa freelance milikmu.

5. Terus Promosikan Jasa Freelance Milikmu Sampai Berhasil Mendapatkan Klien Pertamamu

Banyak freelancer yang gagal mendapatkan project bukan karena dia nggak punya skill, biasanya mereka punya keahlian yang sangat bagus malah, namun banyak yang gagal mendapatkan klien karena menyerah dan berhenti mencoba bangkit ketika gagal.

Terus promosikan jasa milikmu dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkan klien pertamamu ya.

Strategi promosinya bebas, bisa pakai social media marketing, SEO, google ads, facebook ads, instagram, atau pakai whatsapp jika memungkinkan kenapa nggak?

Yang jelas, semua platform punya peluang untuk mendatangkan klien, tinggal kamunya aja yang sabar.

Pastikan kamu juga terus berlatih skill pitching dan negosiasi dengan klien agar dapet closing-an project dari klien pertamamu. Semangat!

3 Cara Mendapatkan Passive Income Sebagai Freelance Web Developer Pemula

Salah satu kelebihan freelance web developer adalah bisa mendapatkan passive income dari keahliah yang dimiliki-nya.

Mudahnya, pasif income bisa diartikan sebagai penghasilan yang kamu peroleh tanpa perlu bekerja / turun tangan mengerjakan project atau jobdesk tertentu secara langsung.

Penasaran apa saja passive income yang bisa kamu bangun? Yuk disimak ulasannya dibawah ini;

1. Membuat Template Website, Sekali Buat, Jual Berkali-kali

Kamu bisa membuat template website untuk cms blogger.com, jenis template yang bisa kamu buat diantaranya; template toko online, blog pribadi, landing page bisnis, atau website pribadi.

Kamu cukup membuat template website sekali, jual di website pribadi, marketplace, atau sosial media agar banyak orang yang tahu kamu punya produk digital template website.

Begitu sudah banyak buyer yang membeli, lambat laun, produk template kamu akan mendatangkan konversi penjualan tanpa harus terlibat aktif mempromosikannya lagi. Namanya juga passive income.

2. Kelas online panduan jadi web developer

Kedua, kamu bisa memanfaatkan ilmu web development yang kamu miliki menjadi kelas online. Materi kelasnya tentang skill front-end web development, mulai dari html, css, javascript, framework, dan konten relevan lainnya.

Tren kelas online berbasis video saat ini sangat populer. Kenapa tidak coba ambil peluang ini? Let's try.

3. Membuat fitur web berbayar

Kalau kamu merasa belum mampu membuat produk digital berupa template website, nggak apa-apa, masih ada alternatif lain, yaitu cukup buat dan jual fitur web saja.

Kalau anak-anak wordpress sih sering nyebut istilah; "Plugin". Di cms blogger, kita menyebutnya dengan nama: widget / fitur web juga nggak masalah.

Apapun sebutannya, itu hanya terminologi, intinya sama; sama-sama alat untuk mempermudah / menambah fitur website.

Sebagai referensi, kamu bisa cek plugin populer yang sering dipakai / dibutuhkan oleh banyak pengguna web. Paling mudah, cek aja di wordpress, ada banyak plugin.

Nggak punya wordpress? Cek aja di website penyedia fitur web pihak ketiga yang bertebaran di internet. Pilih fitur yang ingin kamu buat dan jual.

Biar tips ini nggak sekedar jadi angin lalu / motivasi basi tanpa bukti kaya panduan-panduan di sebagian website di SERP, saya juga sudah membuat 1 fitur web.

Ini saya berikan contoh salah satu fitur web yang saya buat: Content Locker. (Silahkan baca dokumentasi fiturnya & kalau butuh, silahkan beli, kalau belum butuh, nggak beli juga nggak apa-apa, saya hanya berbagi bukti sebagai bentuk sampel implementasi dari tips poin ketiga ini benar-benar saya lakukan)

Bonus Materi: Scale-up Penghasilan Kamu Hingga 3 Juta Lebih dengan Buka Jasa Web Lintas CMS

Di halaman kedua, di bagian studi kasus, jasa yang saya uji coba adalah cms web berbasis blogger.com. Meski begitu, saya juga pernah mengerjakan project web cms lain, yaitu Wordpress.

Net profit yang saya dapatkan 3,8 juta, pemasukan ini sudah bersih dari pengeluaran harga domain dan hosting. So, dari percobaan ini, menjual jasa pembuatan website linstas cms, misalnya blogger dan wordpress sangat menguntungkan.

Target market pun makin luas karena kamu bisa menyasar 2 jenis klien; 1). Klien yang ingin membuat website di cms blogger, 2). Klien yang ingin membuat website di wordpress.

Harga jasanya pun bisa disesuaikan dengan jenis platform cms web yang dipesan klien.

Nah, kalau kamu tertarik juga untuk membuka jasa website lintas cms, wordpress misalnya. Pastikan kamu sudah memahami teknikal website di cms wordpress yang membutuhkan hosting, domain, dan juga template yang harganya bisa jadi lebih mahal ketimbang platform blogspot.

Belum lagi, kalau kamu jualan jasa di marketplace, dana klien tertahan di rekening bersama marketplace, baru dikirim ke akun freelancer kamu begitu project selesai. Itu berarti, kamu butuh modal pribadi untuk membelikan hosting, domain, dan template klien terlebih dahulu.

Belum siap sama modalnya tapi kepikiran trus dan tetep pengen jualan jasa wordpress? Well, kalau kamunya udah seniat ini, yaudah, saya spill tempat beli hosting murah sekaligus ngasih domain gratis biar bujet yang kamu keluarkan bisa minimalis.

Dimana tempatnya? Saya menyarankan kamu untuk membeli kebutuhan hosting dan domain di Sahabat Hosting.

Kenapa saya menyarankan brand web hosting ini? Simpel aja, karena saya sendiri sudah menggunakan layanan mereka dan membuktikannya sendiri. So far, semua klien yang order jasa website ke saya, banyak yang puas.

Kamu cukup bayar 32k / bulan atau 384k / tahun untuk membeli 1 hosting berkapasitas 2GB + gratis domain. Resource ini sudah cukup digunakan untuk membuat website pesanan klien.

Kesimpulan

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan selamat belajar dan semoga kamu bisa menjadi freelance web developer juga sekalipun belum mahir koding. Terus asah skill di bidang ini sampai kamu berhasil.

Saya sendiri sudah membuktikan, menjual jasa website cms blogspot tetap ada marketnya dan saya bisa membangun portofolio freelance untuk bidang web development.

Kalau panduan / konten ini memberikanmu manfaat untuk jadi lebih baik, saya ingin minta tolong untuk membagikannya ke orang lain yang siapa tahu membutuhkan konten ini agar bisa menjadi web developer juga.

Akhir kata, semoga kamu sukses dan bisa berkarir jadi freelance web developer ya. :)