5 Cara Ampuh Mendapatkan Klien Pertama untuk Freelancer Pemula

Mau kerja jadi freelancer baik itu part time maupun freelancer tapi khawatir nggak bisa dapetin klien? Hmm, kayanya kamu harus baca panduan kelas freelance ini deh biar skill pitching kamu level-up dan bisa dapetin klien pertama segera. Penasaran gimana caranya? Yuk disimak ulasannya dibawah ini.

5 Langkah Mudah yang Bisa Kamu Praktekkan untuk Mendapatkan Project Freelance dari Klien Pertamamu

Sudah update status di whatsapp, instagram, facebook, dan promosi offline tapi nggak dapet-dapet klien? Hmm, mungkin strategi promosimu belum tepat sasaran. Yuk jemput project pertamamu dengan mengikuti panduan berikut ini;

1. Tentukan Target Market Spesifik Sesuai Jasa Freelance yang Kamu Jual

Realistisnya, kamu nggak bisa menjual jasamu ke semua orang. Kenapa demikian? Soalnya setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda, begitupun kebutuhan akan layanan jasa. Misalnya saja, kamu bekerja sebagai content writer, maka market potensialnya adalah pemilik website atau blog yang membutuhkan artikel untuk keperluan update konten terbaru mereka.

Dengan mengetahui target market spesifik, kamu jadi lebih mudah untuk menjual jasamu kepada orang yang tepat.

2. Tawarkan Jasa Freelance Milikmu ke Circle Koneksi Terdekatmu

Meski bujet project-nya terbilang tidak fantastis, namun circle koneksi terdekat bisa diadikan klien awal untuk membangun portofoliomu. Klien pertamamu bisa teman dekatmu, keluarga, dosen, guru, atau kenalanmu lainnya. Kumpulkan semua testimoni hasil kerja dari mereka dan masukkan ke portofoliomu.

Portofolio ini bisa dijadikan pitch untuk menarik klien agar percaya kalau kamu adalah orang yang tepat untuk mengerjakan project milik klien.

3. Jual Jasa dan Bangun Portofolio Pekerjaanmu di Marketplace Freelance

Keuntungan menjual jasa di marketplace adalah kamu tidak harus melakukan promosi mandiri. Platform marketplace akan membawa trafik, dalam hal ini klien, untuk mengunjungi website mereka, kemudian, klien akan mencari freelancer yang sesuai dengan project yang ingin mereka selesaikan.

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan klien pertama dari marketplace freelance ini. Kamu bisa menjual jasamu di Fastwork, Sribulancer, atau Projects.

4. Bangun Personal Branding di Berbagai Platform Digital

Kalau orang-orang tidak tahu kamu siapa, apa keahlianmu, maka, mereka tidak akan memesan jasa freelance milikmu. Untuk itu, kamu perlu membangun branding diri kamu lewat berbagai platform digital mulai dari jadi konten kreator di instagram, menulis di blog, atau ads.

Semakin sering kamu membagikan karyamu, orang-orang akan mulai mengenalmu. Dari jejak digital konten inilah klien pertamamu akan tertarik untuk memesan jasa freelance milikmu.

5. Terus Promosikan Jasa Freelance Milikmu Sampai Berhasil Mendapatkan Klien Pertamamu

Banyak freelancer yang gagal mendapatkan project bukan karena dia nggak punya skill, biasanya mereka punya keahlian yang sangat bagus malah, namun banyak yang gagal mendapatkan klien karena menyerah dan berhenti mencoba bangkit ketika gagal.

Terus promosikan jasa milikmu dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkan klien pertamamu ya. Strategi promosinya bebas, bisa pakai social media marketing, SEO, google ads, facebook ads, instagram, atau pakai whatsapp jika memungkinkan kenapa nggak?

Yang jelas, semua platform punya peluang untuk mendatangkan klien, tinggal kamunya aja yang sabar dan terus berlatih skill pitching dan negosiasi dengan klien agar dapet closing-an project dari klien pertamamu.

Penutup

Setelah membaca artikel ekslusif di rubrik kelas freelance ini, saya harap kamu berhasil mendapatkan klien pertamamu ya. Semangat. :)

Kamu baru saja menyelesaikan materi kelima dari kelas freelancer gratis yang disediakan oleh Freelancevy. Tertarik untuk belajar materi selanjutnya? Silahkan pilih next atau bisa juga akses daftar isi konten kelasnya dibawah ini;