Bongkar 4 Tips Mendapatkan Penghasilan Rutin Bulanan Dari Kerja Freelance

Sudah bukan jadi rahasia kalau freelancer gajinya kaya rollercoaster, kadang penghasilannya tinggi tapi terkadang anjlok atau bahkan nggak ada pemasukan sama sekali dalam sebulan!

Meski stigma ini tidak sepenuhnya salah, karena sebagian freelancer, meski tidak semuanya, punya kekhawatiran yang sama; "bagaimana caranya punya penghasilan tetap dan rutin setiap bulan seperti karyawan kantoran?"

Berangkat dari isu tersebut, dalam seri artikel segmen kelas freelance ini, saya ingin berbagi insight menarik dengan teman-teman freelancer terkait cara mendapatkan income secara rutin setiap bulannya. Mari disimak ulasannya dibawah ini;

Freelancer Project-Hack: Kerja Freelance Tapi Punya Penghasilan Tetap Seperti Karyawan Kantoran, Mau?

Kalau ada panduan yang bisa bikin peluang buat dapetin income rutin setiap bulannya sekalipun kamu kerja sebagai freelance, kamu pasti tertarik untuk segera mempelajari dan mempraktekannya. Penasaran apa saja tips freelance project-hacking yang bisa kamu coba, berikut panduannya.

1. Kuasai Lebih dari 1 Skill dan Tawarkan Kepada Klien

Mungkin sub-bab panduan ini mirip perdebatan soal spesialis atau generalis, tak apa, untuk kasus freelancer, memiliki lebih dari 1 keahlian bisa jadi peluang bagus untuk mendapatkan lebih banyak klien lho.

Misal kamu jago bahasa inggris, kamu bisa jual jasa English content writing, tutor privat, guru di sekolah, pelatih lomba debat b.inggris, SEO Specialist, atau bidang lainnya sesuai talent yang kamu punya. Semakin banyak skill berarti semakin banyak jasa freelance yang bisa kamu tawarkan kepada klien.

2.Buat Halaman Jasa (Gigs) di Marketplace Freelance di Kategori Jasa yang Minim Persaingan

Trik ini sudah pernah saya lakukan dan terbukti berhasil mendatangkan klien. Kalau kamu sudah punya akun di marketplace freelance, saya anjurkan kamu untuk memasang halaman jasa pada kategori yang minim kompetitor agar peluang mendapatkan klien lebih besar.

3. Buat Paket Jasa Langganan untuk Klien

Trik ini saya buat agar bisa mendapatkan klien yang repear order sampai 6 bulan, tentunya klien mendapatkan harga yang lebih terjangkau ketimbang harga normal. Dengan menerapkan skema ini, kalau kamu mendapatkan 2 - 3 klien yang order paket langganan, kamu bisa mendapatkan pemasukan tetap selama setengah tahun kedepan, menarik, bukan?

4. Re-Pitching Klien Lama yang Sudah Pernah Order Jasa Kamu

Terakhir, banyak freelancer yang berfokus untuk cari klien baru tapi mengabaikan klien lama yang sudah pernah order jasa mereka. Padahal, klien lama lebih mudah untuk diberikan penawaran jasa untuk order kembali. Trik ini saya terapkan dan cukup ampuh, saya dapat project rutin dari oktober 2020 hingga maret 2021. See? Klien lamanya jangan dicuekin ya, kasih penawaran lagi aja, siapa tahu mereka mau tambah orderan. :)

Penutup

Kata siapa jadi freelancer nggak bisa punya penghasilan rutin setiap bulan seperti karyawan kantoran. Asal tahu caranya, punya income stabil setiap bulan bukan hal yang mustahil, saya sudah membuktikannya, gantian kamu ya, ditunggu cerita bahagianya dari hasil praktek kiat-kiat panduan kelas freelance ini lewat kolom komentar di artikel ini ya. Akhir kata, semoga konten ini bisa membantu kamu ya. :)

Kamu baru saja menyelesaikan materi terakhir dari kelas freelancer gratis yang disediakan oleh Freelancevy. Tertarik untuk mengulang materi selanjutnya? Silahkan pilih tombol prev atau bisa juga akses daftar isi konten kelasnya dibawah ini;