5 Tips Mudah Memulai Karir Sebagai Freelancer Sukses

Apakah kamu berniat untuk menjadi seorang freelancer tapi bingung harus mulai dari mana? Kalau begitu, artikel segmen kelas freelance ini bisa membantu kamu step by step untuk memulai karir sebagai freelancer dengan mudah. Tertarik ingin tahu apa saja yang harus kamu persiapkan agar bisa mendapat proect freelance pertamamu? Yuk cari tahu lewat panduan berikut ini:

5 Langkah Jitu Memulai Karir Sebagai Freelancer untuk Pemula

Panduan ini dibagi menjadi 5 poin yang saling berkaitan, jadi, pastikan kamu mengikuti dan mempraktekkan panduannya secara berurutan ya.

1. Pilih Bidang Jasa Freelance dan Portofolio yang Menarik

Langkah pertama, terlihat sepele tapi cukup krusial, menentukan bidang kerja freelance harus kamu lakukan diawal. Dengan begitu, kamu bisa membuat target market spesifik sesuai bidang jasa yang kamu tangani. Tanpa adanya bidang jasa yang jelas, yang ada kamu malah menerima semua pekerjaan freelance yang kamu sendiri kurang menguasainya dan parahnya lagi dihargai dengan upah rendah.

Biasanya klien memilih freelancer dari testimoni atau portofolio orang yang telah bekerjasama denganmu. Aspek ini digunakan klien sebelum memilih kamu untuk mengerjakan project mereka. Bagaimana kalau kamu tidak punya portofolio atau testimoni karena belum pernah mendapat satu klien pun? Mudah saja, kalau kamu seorang desainer grafis, kamu bisa upload gambar atau desain buatanmu di blog atau website sebagai portofolio.

2. Cari Klien Pertama Kamu

Saya yakin, semua freelancer pemula yang baru memulai karirnya pasti belum pede untuk mencari klien. Namun, mau nggak mau, suka nggak suka, kalau nggak dimulai, kapan kamu dapet klien pertamamu?

Jadi, beranikan dirimu untuk mencari klien ya. Tips yang bisa saya berikan adalah tidak apa-apa memasang rate atau harga jasa yang terjangkau diawal, tawarkan jasamu kepada banyak orang di lingkaran koneksimu, dan bila ada yang memberikan project, minta klien tersebut memberikan testimoni setelah hasil kerja dikirimkan.

3. Tingkatkan Networking dan Branding Jasa Freelance Kamu

Namanya bekerja sebagai freelancer, kebanyakan klienmu adalah orang-orang yang mengenal kamu baik itu circle pertemananmu atau klien yang pernah bekerjasama denganmu. Nah, kalau kamu tertarik untuk meningkatkan earning, tentunya kamu harus menjangkau lebih banyak lagi orang yang bisa dikonversi jadi klien.

Untuk itu, ada baiknya kamu meningkatkan networking atau jaringan kenalanmu lebih luas lagi. Bisa gabung komunitas freelance, minta referal ke klien untuk merekomendasikan jasamu, atau trik networking lainnya.

Langkah selanjutnya, kamu harus meningkatkan branding jasa freelance milikmu, bisa lewat website, sosial media, youtube, atau platform apapun yang tujuannya untuk menjangkau lebih banyak orang agar mengenal kamu dan jasa yang kamu jual.

4. Kuasai Pembuatan Invoice

Terkadang, kalau kamu bekerjasama dengan sebuah perusahaan atau agency, pemberi kerja biasanya akan meminta kamu untuk membuat dokumen invoice untuk pembayaran DP atau pelunasan project.

Dengan menguasai pembuatan invoice, bila suatu waktu klien meminta dokumen ini, kamu sudah tidak risau lagi, dan tinggal menyerahkan dokumennya kepada klien agar pembayaran cepat dituntaskan. Tentu jenis dan isi konten invoice-nya bisa kamu sesuaikan dengan spesifikasi yang kamu butuhkan, bisa buat format sendiri atau cari referensi di internet, silahkan riset mandiri di google ya.

5. Minta Pembayaran DP 50% Diawal Sebelum Mengerjakan Project

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak freelancer pemula yang ngambek dan misuh-misuh gara-gara di-ghosting klien pas lagi butuh-butuhnya duit tapi kliennya hilang alias nggak mau bayar.

Solusinya, kamu bisa membuat kesepakatan pembayaran DP 50% diawal, klien membayar DP, barulah setelah itu project dimulai. Dengan menerapkan mekanisme ini, kamu bisa move on dari bad client yang hobinya nge-ghosting-in freelancer. Pffftt :p

Penutup

Yay, tidak terasa ya sudah selesai baca panduan kelas freelance ini. Dengan menerapkan tips ini, kamu bisa memulai karirmu sebagai pekerja lepas atau freelancer sesegera mungkin. Selamat bekerja sebagai freelancer ya, teman-teman. :)

Kamu baru saja menyelesaikan materi keempat dari kelas freelancer gratis yang disediakan oleh Freelancevy. Tertarik untuk belajar materi selanjutnya? Silahkan pilih next atau bisa juga akses daftar isi konten kelasnya dibawah ini;