5 Tipe Freelancer Yang Wajib Diketahui, Tipe Manakah Kamu?

Pernah nggak sih kamu memikirkan mau bagaimana caramu bekerja sebagai seorang freelancer? Jika hal itu penting, maka kamu bisa memulainya dengan mencari tahu tipe-tipe freelancer yang paling cocok dengan kamu. Tertarik dan penasaran kira-kira kamu tipe freelancer yang mana? Yuk disimak ulasannya dibawah ini.

5 Tipe Freelancer yang Harus Kamu Ketahui

Setidaknya, ada 5 tipe freelancer yang paling umum yang bisa dikenali dan sering ditemukan di Indonesia. Silahkan simak ulasan tipe-tipe freelancer berikut ini ya, siapa tahu kamu bisa menemukan tipe freelancer mana yang cocok dengan gaya bekerjamu.

1. Independent Contractor

Tipe freelancer pertama ada Independent Contractor. Tipe ini sangat umum dan mudah sekali dikenali, biasanya freelancer yang merupakan independent contractor adalah freelancer yang menekuni 1 bidang pekerjaan tapi proyeknya bermacam-macam. Misalnya seorang content writer, dia bisa mengerjakan proyek penulisan konten untuk majalah, blog, website, koran, atau media lainnya.

2. Moonlighter

Tipe freelancer kedua ada moonlighter. Penjelasan mudahnya, dia adalah tipe freelancer yang sudah memiliki pekeraan tetap dan menjadikan pekerjaan freelance sebagai job sampingan. Contohnya guru atau engineer.

Mereka memiliki memiliki pekerjaan tetap namun masih mau mengerjakan pekerjaan tambahan lewat freelance seperti guru privat, bimbel, menjadi pembicara sesuai skill, atau untuk engineer bisa saja mengerjakan project pembuatan website yang sering dikerjakan para front-end web developer.

3. Diversified Worker

Jenis freelancer ketiga ada diversified worker. Tipe freelancer ini biasanya mengerjakan berbagai bidang pekerjaan lepas, project berbeda, dan klien berbeda. Misalnya pagi, dia bekerja sebagai SEO Content writer. Siangnya ia mengerjakan project pembuatan website landing page atau toko online. Malamnya, ia bekerja sebagai tutor.

4. Temporary Worker

Keempat, ada temporary worker. Freelancer tipe ini terikat kontrak oleh suatu perusahaan sesuai dengan durasi kesepakatan kerja yang telah ditetapkan. Misalnya saja, saya pernah menjadi freelance seo content writer di Blibli.com, tugas saya adalah menulis konten artikel seo untuk durasi kontrak 1 tahun.

5. Freelance Business Owner

Terakhir, ada freelance business owner. Tipe ini biasanya ditempati oleh freelancer yang memiliki bisnis sendiri dan menjadikan profesi pekerja lepas sebagai job sampingan.

Penutup

Dari semua tipe freelancer diatas, termasuk tipe manakah kamu? Semoga dengan mengetahui tipe freelancer ini, kamu jadi bisa tahu stye pekerja lepas mana yang cocok dengan pilihanmu ya dan semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya.

Kamu baru saja menyelesaikan materi kedua dari kelas freelancer gratis yang disediakan oleh Freelancevy. Tertarik untuk belajar materi selanjutnya? Silahkan pilih next atau bisa juga akses daftar isi konten kelasnya dibawah ini;