Apa itu Freelancer? Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya!

Apa itu Freelancer, Kelebihan Freelancer, dan Kekurangan Freelancer
Bekerja sebagai freelancer

Buat kamu yang masih sekolah, kuliah, baru lulus kuliah atau bahkan karyawan yang kena phk mungkin pernah terbesit pikiran untuk jadi freelancer. Memangnya apa sih freelancer itu? Bagaimana cara kerjanya? Kelebihan dan kekurangan jadi freelancer apa aja sih? Semua pertanyaan ini akan kita ulas dalam artikel ini, mari disimak ulasannya dibawah ini.

Mengenal Apa itu Freelancer, Bagaimana Cara Kerja Freelancer, dan Jenis-jenis Pekerjaan Freelancer

Pengertian Freelancer, Cara Kerja Freelancer, dan Jenis Pekerjaan Freelancer
Pengertian Freelancer, Cara Kerja Freelancer, dan Jenis Pekerjaan Freelancer

Ada tiga hal yang akan kita bahas pada ulasan awal artikel ini, yaitu pengertian freelancer, cara kerjanya, dan jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh para pekerja lepas. Sudah penasaran? Yuk kita cari tahu.

Apa itu Freelancer?

Menurut Wikipedia, freelancer adalah seseorang yang mengerjakan suatu pekerjaan tanpa keterikatan dengan pemberi kerja (majikan, brand, agency, atau perusahaan).

Bagaimana Cara Freelancer Bekerja?

Buat orang awam yang nggak pernah terjun ke industri freelancer mungkin melihat pekerja lepas ini kerjanya nggak jelas! No offense ya, nggak usah ngambek atau bad mood dulu, soalnya kamu nggak sendirian kok dengerin ocehan omong kosong dari mulut orang lain, aku juga mengalaminya, nggak sekali dua kali, cukup sering malah. Jadi, lewat segmen ini, aku mau jelasin gimana seorang freelancer mendapatkan pekerjaan dan siapa yang mempekerjakan mereka.

Ilustrasi mudahnya, freelancer bisa mendapatkan pekerjaan dari jaringan circle koneksi yang ia miliki mulai dari keluarga, teman, agensi, perusahaan, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan project, freelancer bisa mempromosikan jasanya melalui sosial media, website pribadi, atau bahkan marketplace freelance (Di kesempatan lain, aku akan mengulasnya di artikel khusus tentang ini ya).

Anggaplah si freelancer sudah mendapatkan project (istilah pekerjaan lepas) dari pemberi kerja. Maka, ia akan mulai mengerjakan pekerjaan sesuai dengan brief kerja yang telah diberikan oleh klien. Begitu pekerjaan selesai, klien membayar hasil kerja si freelancer.

Terdengar mudah ya? Tapi jelas tak semudah ilustrasi ini sih, karena perjalanan meniti karir sebagai freelancer itu berwarna, kamu akan menemui klien baik yang membayar hasil kerjamu atau klien menyebalkan yang menghilang dan nggak bayar alias di-ghosting sama klien, hiks.

Nggak apa-apa ya diawal dikasih tahu bocoran jenis klien meski ringkas biar kamunya siap kalau ketemu klien dengan beragam sifat.

Jenis-jenis Pekerjaan Freelancer

Berdasarkan pengalamanku, pekerjaan yang bisa diambil oleh freelancer nggak beda jauh dan bahkan sama dengan pekerjaan mainstream di kantor atau perusahaan. Bedanya hanya di status pekerjaan, freelancer tidak terikat tempat kerja, sedangkan karyawan tetap terikat dengan perusahaan dimana mereka bekerja. Langsung saja, berikut jenis-jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh freelancer;
Jenis-jenis pekerjaan freelance:

1. Content Writer
2. SEO Specialist
3. Web Developer
4. Graphic Designer
5. Tutor
6. Digital Marketer
7. Penerjemah
8. Fotografer
9. Video Editor
10. Admin Media sosial dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui tentang apa itu freelancer, bagaimana cara freelancer bekerja, dan jenis-jenis pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan pekerja lepas, selanjutnya, akau ingin mengajak kamu tentang kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer. Sudah siap? Yuk dilanjut bacanya.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer
Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer

Teruntuk kamu yang ingin bekerja sebagai freelancer, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja sebagai pekerja lepas. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu sudah siap menghadapi pasang surut selama bekerja di industri ini. Silahkan baca ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan bekerja sebagai freelancer melalui fitur tab dibawah ini ya;.

Kelebihan Bekerja Sebagai Freelancer

1. Fleksibelitas Waktu Kerja

Nggak nyaman kerja 9 to 5 di kantor? Pekerjaan freelancer menawarkan kelebihan keleluasaan waktu bekerja yang cukup fleksibel, kamu bisa mulai bekerja di pagi, siang, sore, atau bahkan malam. Sesuaikan saja dengan ritme waktu kerja produktifmu ya.

2. Berpeluang Mendapatkan Penghasilan Lebih Tinggi Ketimbang Karyawan Tetap

Kelebihan bekerja sebagai freelancer selanjutnya, kamu berpeluang untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi dibanding pekerja tetap di kantoran. Kenapa demikian? Mudah saja, semakin banyak project masuk yang berhasil kamu selesaikan, semakin besar penghasilanmu.

3. Pekerjaan Freelancer Dibutuhkan Banyak Perusahaan, Agensi, atau pun Perorangan

Kelebihan ketiga ini bisa jadi kabar baik untuk kamu yang kepincut ingin bekerja sebagai freelancer. Banyak agensi dan perusahaan mempekerjakan freelancer bukan karena harganya murah, tapi karena sumber daya di perusahaan mereka terbatas sedangkan project yang masuk lebih banyak.

Maka dari itu, perusahaan dan agency banyak yang mepekerjakan freelancer dengan upah kerja sesuai jenis pekerjaan, spesifikasi brief kerja, tingkat kesulitan, dan spek lainnya yang sesuai dengan tarif skill kompetensi kamu tentunya. Menarik, bukan?

4. Bebas untuk Menerima atau Menolak Pekerjaan dari Klien

Kalau bekerja di kantor atau tempat orang lain, kamu biasanya punya jobdesk sendiri tentunya, namun kadang kala, kadang atasan atau rekan kerja melimpahkan pekerjaan yang bukan menjadi tanggungjawabmu. Menyebalkan, bukan?

Kabar baiknya, ilustrasi diatas tidak berlaku pada freelancer, kamu berhak dan bisa menolak pekerjaan dari klien yang sekiranya tidak kamu sukai entah karena upah kerjanya terlalu murah dan tidak sesuai dengan spek kerjanya demi bisa mempertahankan flow kerja yang produktif dan nyaman.

Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer

1. Manajemen Waktu Kerja yang Buruk Menyebabkan Hasil Kerja yang Tidak Maksimal

Keleluasaan waktu luang bisa jadi bumerang, kalau freelancer tidak mengatur waktunya dengan baik, yang ada, pekerjaan jadi menumpuk sehingga menyebabkan banyak pekerjaan tertunda atau bahkan terlambat mengirim hasil kerja diluar waktu deadline yang telah disepakati.

2. Persaingan Antar Freelancer Cukup Kompetitif

Misalnya saja, aku bekerja sebagai SEO Content Writer, di bidang pekerjaan ini tentunya ada banyak freelancer yang mencari project penulisan konten artikel, maka dari itu, tiap freelancer bersaing untuk mendapatkan project dari klien. Persaingan paling jelas bisa kamu perhatikan di marketplace freelance dimana hanya freelancer yang sudah punya riwayat rating terbanyak dan tertinggi saja yang mendapat banyak project ketimbang kamu yang baru memulai.

3. Tidak Ada Klien = Tidak Ada Pemasukan

Bagian ini paling penting sih, udah siap belum kalau seandainya kamu nggak mendapatkan project sama sekali dalam 1 bulan? Realitanya seperti ini, ya, aku pun pernah ada di posisi ini kok pada masa awal merintis karir freelance.

Kesimpulan - Salam Penutup untuk Pembaca Kesayangan Freelancevy

Kesimpulannya, freelancer adalah seseorang yang bekerja tanpa keterikatan apapun dengan perusahaan atau agensi pemberi kerja. Freelancer mengerjakan project sesuai kesepakatan spesifikasi dan durasi kerja yang telah ditentukan.

Jenis pekerjaan freelance pun cukup beragam dengan upah kerja yang terbilang lumayan besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pesan kami untuk kamu yang tertarik untuk memulai karir sebagai freelancer;

Apapun pilihanmu, baik itu bekerja sebagai freelancer atau pekerja kantoran, semuanya punya sisi baik dan kurangnya, pilih satu dan fokuslah bangun karirmu disitu hingga membuahkan hasil terbaik. Banyak sekali yang bilang ingin jadi freelancer, ikut kelas online freelancer, tapi banyak yang gagal, karena apa? Bukan, bukan karena ditolak banyak klien, tapi karena mereka tidak mau memulai dan take action menyeriusi pekerjaan ini. Pesanku untukmu; mulai aja dulu. :)

Semoga suka dengan artikel buatan aku ya, freelancevian. Boleh kok curhat dan konsultasi sama aku, cerita aja di kolom komentar ya, nanti aku bales. :)

Referensi:
1. Wikipedia - https://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_lepas
2. Pengalaman Pribadi Penulis Freelancevy

Kamu baru saja menyelesaikan materi pertama dari kelas freelancer gratis yang disediakan oleh Freelancevy. Tertarik untuk belajar materi selanjutnya? Silahkan pilih next atau bisa juga akses daftar isi konten kelasnya dibawah ini;